Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Perum Perhutani KPH Kediri

CHANDRA ARIF PUTRA RAMADHAN

Abstract


Riset ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan komitmen organsisasi terhadap kinerja karyawan di Perum Perhutani KPH Kediri. Gaya kepemimpinan yang dimaksud adalah cara yang digunakan seseorang dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin yang berwenang mempengaruhi karyawan untuk dapat bekerja sama guna mencapai tujuan organisasi. Komitmen organisasi yang dimaksud yaitu kesetiaan karyawan kepada organisasi dan keinginannya untuk mencapai tujuan dari organisasi tempatnya bekerja.  Sementara  itu,  kinerja  karyawan   yang  dimaksud   yaitu   kesediaan karyawan untuk melakukan tugas dan menyempurnakannya sesuai dengan tanggung jawab dengan hasil seperti yang diharapkan.

Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan komitmen organsisasi terhadap kinerja karyawan di Perum Perhutani KPH Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Data penelitian ini dianalisis secara statistik melalui analisis regresi linier berganda (multiple regressions).

Berdasarkan hasil riset maka periset menyimpulkan: 1) gaya kepemimpinan dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan Perum Perhutani KPH Kediri. Jadi, semakin baik gaya kepemimpinan  dan  komitmen  organisasi  yang  terjadi,  maka  secara  otomatis kinerja karyawan juga meningkat; 2) Gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan Perum Perhutani KPH Kediri. Jadi, jika gaya kepemimpinan yang diterapkan kepada bawahan baik, maka kinerja karyawan meningkat  juga;  3)  Komitmen  organisasi  berpengaruh  terhadap  peningkatan kinerja karyawan Perum Perhutani KPH Kediri. Jadi, jika komitmen karyawan terhadap organisasi baik, maka kinerja karyawan juga meningkat.

 

 

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organsisasi, Kinerja Karyawan

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.