ANALISIS PENGARUH PENGANGGURAN, PENDIDIKAN, JUMLAH PENDUDUK TERHADAP KEMISKINAN DI DAERAH PEDESAAN (STUDI KASUS DI PULAU JAWA TAHUN 2005-2015)

DWIKA AKBAR MAULANA

Abstract


Kemiskinan merupakan suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhannya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan lingkungannya sehingga seseorang tersebut mengalami kesengsaraan dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh
variable Pengangguran, Pendidikan (melek huruf),dan Jumlah Penduduk terhadap kemiskinan di pedesaan di pulau jawa pada tahun 2005 – 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur yakni pada periode 2005-2015, literatur-literatur lain yang membahas mengenai materi penelitian yang bersangkutan.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan di dapatkan pengangguran dan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan, namun kedua variable tersebut berpengaruh negative terhadap kemiskinan. Sedangkan jumlah penduduk mempunyai dampak positif terhadap kemiskinan.  

Kata Kunci : Kemiskinan, Pengangguran, Pendidikan, Jumlah Penduduk

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.