PENGARUH IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CELEBRITY ENDORSER ( STUDI PADA PRODUK “MALANG STRUDEL” DI KOTA MALANG)

OKTA FIRMAN SAPUTRA

Abstract


Penggunaan celebrity endorser di dalam iklan merupakan bagian dari cara pemasaran untuk mempromosikan suatu produk atau jasa ke para calon konsumennya. Dengan adanya iklan tersebut diharapkan bisa mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh variabel iklan terhadap keputusan pembelian melalui celebrity endorser (studi pada produk “Malang Strudel” di kota Malang). Jenis penelitian ini adalah explanatory reseach yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner yang ditujukan untuk masayarakat di kota Malang. Untuk teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan sampel responden sebanyak

50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) iklan tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian, (2) Iklan bepengaruh secara langsung terhadap celebrity endorser, (3) celebrity endorser berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian, dan (4) iklan berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui celebrity endorser.

 

Kata Kunci : Iklan, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.