Jurnal Analisis Konsentrasi Regional Tenaga Kerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Tahun 2004-2010)

Lutviati Triamita

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu motor penggerak yang krusial bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di banyak negara. Di Indonesia hal itu bisa dilihat dari jumlah unit usahanya yang sangat banyak di semua sektor ekonomi. Selain berperan sebagai penyedia kesempatan kerja, UKM juga merupakan pemain penting dalam pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan masyarakat, serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan ekspor non migas. Peran UKM menjadi lebih tinggi seiring dengan munculnya era otonomi daerah dalam pembangunan ekonomi regional.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribusi tenaga kerja UKM dan konsentrasinya di Kabupaten/Kota di Jawa Timur tahun 2004-2010. Analisis dalam penelitian ini akan difokuskan untuk mengidentifikasi pola pertumbuhan distribusi tenaga kerja UKM dan pola konsentrasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik. Instrumen analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Indeks Konsentrasi dan Klasifikasi Intensitas. Studi ini menemukan bahwa konsentrasi yang tinggi terdapat di 20 kabupaten/kota di Jawa Timur yang membuktikan bahwa UKM di daerah tersebut memiliki peran yang lebih tinggi dari Jawa Timur dalam penyerapan tenaga kerja, juga berarti UKM sebagai aktivitas basis dalam perekonomian daerah tersebut. Namun, pertumbuhan tenaga kerja UKM di Jawa Timur belum merata di seluruh wilayah, karena terdapat kesenjangan yaitu kabupaten/kota yang konsentrasinya sangat tinggi berada di wilayah barat daya Jawa Timur. Sedangkan kurang terkonsentrasi di sebagian besar di wilayah utara dan tengah Jawa Timur.

Kata Kunci: Kata kunci: Tenaga kerja UKM, Analisis Konsentrasi Regional.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.