IDENTITY TRIUMPHED OVER UTILITY, IMAGE OVER FUNCTION: The Influence of Dimension of Materialism dan Brand Engagement in Self-Concept towards Attitude Toward Shopping on Undergraduate Student of Brawijaya University Malang

SATRIO BUDI PERMONO

Abstract


Identitas  menjadi  bagian  terpenting  pada  hidup  manusia  sebagai  instrumen untuk  menentukan  eksistensi  manusia.  Aktivitas  belanja  tampaknya  menjadi  sebuah  simbol dalam  penciptaan  identitas  manusia.  Materialisme  dan  brand  engagement  in  self-concept (BESC) menjadi intrumen yang mempengaruhi pengembangan identitas atau konsep diri yang memotivasi  konsumen  untuk  berbelanja.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menjelaskan  apakah terdapat pengaruh antara dimensi materialisme dan konstruk BESC terhadap motivasi belanja yang  direpresentasikan  oleh  sikap  terhadap  aktivitas  belanja.  Pengaruh  diuji  pada  perilaku konsumsi  mahasiswa  program  sarjana  Universitas  Brawijaya  yang  diwakili  oleh  sampel sebanyak  382  yang  didapatkan  melalui  survei  dengan  metode  sampling  insidental  yang menanyakan mengenai materialisme dalam 2 indikator (Aspiration Index dan Material Value Scale),  BESC,  dan  sikap  terhadap  aktivitas  belanja.  Hasil  yang  didapat  adalah  terdapat hubungan  antara  dimensi  materialisme  dan  kontruk  BESC  terhadap  sikap  terhadap  aktivitas belanja. Selain itu, terdapat rekonstruksi item pada item-item dalam Material Value Scale. 

Kata kunci: belanja, keterikatan merek, materialisme, motivasi, analisis faktor.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.