IDENTITY TRIUMPHED OVER UTILITY, IMAGE OVER FUNCTION: The Influence of Dimension of Materialism dan Brand Engagement in Self-Concept towards Attitude Toward Shopping on Undergraduate Student of Brawijaya University Malang
Abstract
Identitas menjadi bagian terpenting pada hidup manusia sebagai instrumen untuk menentukan eksistensi manusia. Aktivitas belanja tampaknya menjadi sebuah simbol dalam penciptaan identitas manusia. Materialisme dan brand engagement in self-concept (BESC) menjadi intrumen yang mempengaruhi pengembangan identitas atau konsep diri yang memotivasi konsumen untuk berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh antara dimensi materialisme dan konstruk BESC terhadap motivasi belanja yang direpresentasikan oleh sikap terhadap aktivitas belanja. Pengaruh diuji pada perilaku konsumsi mahasiswa program sarjana Universitas Brawijaya yang diwakili oleh sampel sebanyak 382 yang didapatkan melalui survei dengan metode sampling insidental yang menanyakan mengenai materialisme dalam 2 indikator (Aspiration Index dan Material Value Scale), BESC, dan sikap terhadap aktivitas belanja. Hasil yang didapat adalah terdapat hubungan antara dimensi materialisme dan kontruk BESC terhadap sikap terhadap aktivitas belanja. Selain itu, terdapat rekonstruksi item pada item-item dalam Material Value Scale.
Kata kunci: belanja, keterikatan merek, materialisme, motivasi, analisis faktor.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.