PENGARUH RASIO-RASIO KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015)

Alvi Kautsar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh faktor fundamental, yaitu: Current Ratio, Return On Assets, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share, dan Price Earnings Ratio  terhadap harga saham. Penelitian ini dilakukan pada 34 perusahaan sektor manufaktur sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat uji statistik yang digunakan adalah model regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Assets dan Earning Per Share berpengaruh signifikan dan positif terhadap harga saham, hal ini sesuai dengan hipotesis yang dibuat, sementara Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Price Earnings Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

 

Kata Kunci: Harga Saham, Current Ratio , Return On Assets, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share, Price Earnings Ratio.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.