ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PADA PENAWARAN UMUM PERDANA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2017)

Yohan Imtihan

Abstract


Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing saham penawaran umum perdana. Variabel dependen adalah underpricing saham penawaran umum perdana. Variabel independen adalah reputasi underwriter, reputasi auditor, total aset, umur perusahaan dan persentase saham yang ditawarkan. Objek penelitian adalah data perusahaan manufaktur yang IPO periode 2010-2017. Jumlah sampel 31. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Regresi Linear Berganda dengan alat IBM SPSS Statistics 23. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing saham penawaran umum perdana. Secara parsial hanya reputasi underwriter yang berpengaruh negatif terhadap underpricing saham penawarana umum perdana.

 

Kata kunci: Penawaran umum perdana (IPO); underpricing; reputasi underwriter; reputasi auditor; total aset; umur perusahaan; persentase saham yang ditawarkan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.