PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

MARHENDRA DEWI PARAMITASARI

Abstract


Manajemen modal kerja berperan penting dalam mengukur keberhasilan perusahaan dalam meningkatkan laba. Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh manajemen modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan. Penelitian ini menjelaskan pengaruh periode persediaan, periode piutang dan periode hutang terhadap return on asset (ROA) perusahaan.

            Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada perusahaan kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan adalah PT. Akasha Wira Internasional Tbk, PT. Martina Berto Tbk, PT. Mandom Indonesia Tbk, dan PT. Unilever Indonesia Tbk periode 2012-2016. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

            Analisis yang meliputi days of sales in inventory (DSI), days of sales outstanding (DSO) dan days of payables outstanding (DPO) menggunakan data yang dikumpulkan dari laporan keuangan tahunan perusahaan, hasil penelitian menunjukkan bahwa days of sales in inventory (DSI) dan days of sales outstanding (DSO) mempunyai nilai signifikan negative terhadap Return on Assets (ROA). Jadi perusahaan dapat meningkatkan labanya dengan mempercepat periode persediaan dan periode piutangnya. Untuk days of payables outstanding (DPO) memiliki nilai signifikan positif terhadap Return on Assets (ROA), jadi perusahaan dapat meningkatkan labanya dengan memperlama periode hutangnya.

 

Kata Kunci : Manajemen Keuangan, Modal Kerja, Manajemen Modal Kerja, days of sales in inventory (DSI), days of sales outstanding (DSO), days of payables outstanding (DPO), Profitabilitas, Return on Assets (ROA).

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.