ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUHI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO (STUDI KASUS SKPD DI PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO)

NOVEN SYAHDAN RIZALDI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber
daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengedalian internal, dan penerapan standar akuntansi pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan sumber data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah pejabat penatausahaan keuangan, kepada sub bagian keuangan, dan staf sub bagian keuangan dari 2 SKPD Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini membagikan 78 kuesioner dan diperoleh 78 kuesioner yang dapat dimasukkan dalam pengolahan data.
Metode analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS (Structural Equation
Modeling -Partial Least Square) dengan menggunakan alat bantu program SmartPLS ver. 2.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendali internal, dan penerapan standar akuntansi pemerintah berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keangan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.


Kata Kunci : Kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi
informasi, sistem pengendalian internal, penerapan standar akuntansi pemerintah, kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.