Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pola Penggunaan Moda Transportasi Online Oleh Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

DHIKA HERMAWAN

Abstract


Setiap kehidupan di dunia pastinya terdapat berbagai macam kebutuhan, yang dimana dalam memenuhi suatu kebutuhan biasanya terdapat suatu pengeluaran guna untuk memenuhi kepuasan seseorang. Pengeluaran yang dikeluarkan pada umumnya berupa biaya yang diperoleh dari suatu pendapatan yang akan digunakan untuk konsumsi individu tersebut. Konsumsi sangat mempunyai peran yang sangat penting karena konsumsi merupakan suatu kegiatan guna untuk memenuhi kebutuhan seseorang, maka dari itu pola konsumsi mempunyai keterkaitan dengan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pola penggunaan moda transportasi ojek online. Analisis data menggunakan analisis faktor, yaitu untuk meringkas sejumlah komponen menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor. Penelitiaan ini menggunakan variabel jumlah uang yang dimiliki (X1), tarif (X2), Tingkat Kepercayaan (X3), Tingkat Kemudahan (X4), Tingkat Keamanan (X5). Menggunakan data primer dengan menyebar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor yang mempengaruhi pola penggunan moda transportasi online khususnya ojek online diantaranya faktor jumlah uang yang dimiliki, keamanan, dan kepercayaan

 

 Kata kunci: Pola konsumsi, analisis faktor, transportasi online, ojek online.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.