PENGARUH KETIDAKPASTIAN TUGAS, EFEKTIVITAS PENGENDALIAN ANGGARAN DAN JOB RELEVANT INFORMATION TERHADAP KECENDERUNGAN MENCIPTAKAN BUDGETARY SLACK PADA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK

Setyo Nugroho

Abstract


Pengaruh Ketidakpastian Tugas, Efektivitas Pengendalian Anggaran dan Job Relevant Information terhadap Kecenderungan Menciptakan Budgetary Slack Organisasi Sektor Publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ketidakpastian tugas, efektivitas pengendalian anggaran dan job relevant information terhadap kecenderungan menciptakan budgetary slack pada organisasi sektor publik lingkup pemerintah pusat. Penelitian dengan metode kuantitatif ini dilakukan terhadap responden para pejabat pengelola perbendaharaan dan bendaharawan pada satuan kerja diwilayah kerja KPPN Purwodadi. Data diuji menggunakan analisis regresi sederhana dan pengujian pengaruh mediasi menggunakan analisis jalur (path). Hasil pengujian menunjukkan bahwa ketidakpastian tugas, efektivitas pengendalian anggaran dan job relevant information tidak berpengaruh secara parsial terhadap kecenderungan menciptakan budgetary slack. Demikian pula dengan efektivitas pengendalian anggaran dan job relevant information dimana kedua faktor tersebut tidak berperan sebagai pemediasi hubungan antara ketidakpastian tugas dan kecenderungan menciptakan budgetary slack. Sementara itu, ketidakpastian tugas berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian anggaran dan job relevant information. Ini menunjukkan bahwa pengendalian anggaran dibuat seefektif mungkin untuk mengurangi terjadinya ketidakpastian tugas dan informasi yang relevan dengan pekerjaan dipertimbangkan untuk dapat dipenuhi semaksimal mungkin sehingga mampu mengurangi ketidakpastian tugas.

Kata Kunci: penganggaran sektor publik, ketidakpastian tugas, pengendalian anggaran, job relevant information, budgetary slack.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.