PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN JASA SEKTOR PUBLIK DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD (STUDI PADA KLINIK UMUM DAN USG DR. INDRA PUTRANTA WONOGIRI)
Abstract
Evaluasi kinerja pada perusahaan jasa sektor publik memerlukan instrument
pengukuran yang berbeda dari perusahaan yang berorientasi pada bisnis. Akan tetapi perusahaan sektor publik yang bersifat non-profit harus tetap melakukan evaluasi kinerja untuk mempertanggung jawabkan sektor keuangan dan nonkeuangan kepada pemilik dan masyarakatsebagai pengguna jasa. Oleh karena itu, penilaian kinerja pada Klinik Umum Dan USG Dr. Indra Putranta Wonogiri sangat disarankan menggunakan balanced scorecard.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Klinik Umum Dan USG
Dr. Indra Putranta Wonogiri yang diukur melalui empat perspektif yang ada pada balanced scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk dapat memberikan kritik dan saran berdasarkan hasil dari penilaian kinerja menggunakan balanced scorecard dengan harapan hasil penilaian pada periode berikutnya lebih baik.
Hasil penilaian kinerja Klinik Umum Dan USG Dr. Indra Putranta Wonogiri
pada tahun 2017 dengan menggunakan balanced scorecard adalah sebesar 3,67 poin yang masuk dalam kategori sangat baik. Hasil ini didapatkan karena kemampuan perusahaan dalam merealisasikan target yang telah ditentukan pada masing – masing perspektif sangat baik.
Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Balanced Scorecard, Perusahaan Sektor Publik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.