Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Pusat PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

ASHMA TAQIYYAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari budaya organisasi yang terdiri dari inovasi dan pengambilan resiko, perhatian pada hal detail, orientasi pada hasil, orientasi pada orang, orientasi pada tim, agresivitas, dan stabilitas dan gaya kepemimpinan yang terdiri dari perilaku tugas dan perilaku hubungan terhadap kinerja pegawai Kantor Pusat PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. Sampel sebanyak 100 orang pegawaidarat Kantor Pusat PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Kemudian untuk menguji hipotesis digunakan uji F dan uji t.

Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa budaya organisasi dan gaya kepemimpinan berpengaruh pada kinerja pegawai secara simultan dan juga secara parsial. Kemudian dilihat dari nilai Adjusted R Squaresebesar 0,531 yang menunjukkan bahwa 53,1% dari variabel kinerja pegawai (Variabel dependen) dapat dijelaskan oleh variabel independen yang terdiri dari budaya organisasi dan gaya kepemimpinan. Sedangkan sebesar 46,9% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Pegawai.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.