AUDIT MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PEMASARAN (Studi Kasus Pada PT. Bank CIMB Niaga Cabang Malang)

Dickxie Audiyanto

Abstract


Liberalisasi perbankan yang ada di Indonesia saat ini berdampak pada peningkatan persaingan perusahaan perbankan untuk mendapatkan calon nasabah. Dalam hal memenangkan persaingan tersebut pihak bank harus menjalankan fungsi pemasaran dengan baik dan efisien agar mendapatkan nasabah yang banyak. Guna menilai efektifitas fungsi pemasaran tersebut maka perusahaan harus melakukan audit menajemen pemasaran. Audit manajemen fungsi pemasaran PT Bank CIMB Niaga ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas dan efisiensi fungsi pemasaran yang sudah dilaksanakan oleh PT Bank CIMB Niaga Cabang Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berbentuk studi kasus, melalui studi lapangan antara lain yang berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Penilaian efektifitas dan efisiensi pemasaran dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara criteria, sebab, dan akibat serta pemberian rekomendasi. Berdasarkan audit manajemen pemasaran yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan fungsi pemasaran pada PT Bank CIMB Niaga Cabang Malang masih mengalami berbagai permasalahan baik itu yang bersifat eksternal yang bersumber dari pesaing dan lingkungan sosial maupun dari sisi internal seperti adanya strategi, organisasi, dan sistem pemasaran yang kurang efektif walaupun sebagian besar sudah dijalankan dengan baik, produktifitas pemasaran masih belum terpenuhi, tingkat efisiensi pemasaran PT Bank CIMB Niaga Cabang Malang sudah tergolong efektif.

Kata kunci : Audit Manajemen, Efektifitas, Efisiensi, Fungsi Pemasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.