ANALISIS MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK OLEH MAHASISWA DENGAN MENAMBAHKAN VARIABLE KOMPATIBILITAS, KOMPLEKSITAS, PERSEPSI KEGUNAAN, PENGARUH SOSIAL DAN KEPERCAYAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh, efek kompatibilitas, kompleksitas, persepsi kegunaan, pengaruh sosial dan kepercayaan dalam minat mahasiswa untuk menggunakan uang elektronik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data yang digunakan berasal dari kuesioner yang disebarkan kepada 273 responden, yaitu mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Brawijaya pada tahun ajaran 2015/2016. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan uji F dan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima variabel independen yang menganalisis pengaruh kompatibilitas, kompleksitas, persepsi kegunaan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik. Sebaliknya untuk satu variabel yang tersisa adalah pengaruh sosial tidak berpengaruh signikan terhadap minat menggunakan uang elektronik.
Kata Kunci: kompatibilitas, kompleksitas, persepsi kegunaan, pengaruh sosial, kepercayaan, minat menggunakan, uang elektronik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.