Pengaruh Motif Rasional dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sepak Bola Specs di Keanggotaan Persis Solo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh motif rasional dan motif emosional terhadap keputusan pembelian sepatu sepak bola merk Specs oleh pemain sepak bola umur 17-30 tahun di keanggotaan Persis Solo Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 65 responden yang diambil dari populasi 199 anggota Persis Solo tahun 2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling atau sampling acak sederhana. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji simultan (f test) dan uji parsial (t test). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa variabel motif rasional (X1) mempunyai pengaruh sebesar 0,186 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% (karena bernilai positif dari motif rasional, maka nilai Y (keputusan pembelian) akan bertambah sebesar 18,6%. Variabel motif emosional (X2) mempunyai pengaruh sebesar 0,603 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% (karena bernilai positif dari motif emosional, maka nilai Y (keputusan pembelian) akan bertambah sebesar 60,3%. Ini menunjukkan bahwa variabel independen yaitu motif rasional (X1) dan motif emosional (X2) memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan sebesar 56,8%. Sedangkan sisanya 44,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam model regresi ini.
KATA KUNCI: Motif Rasional, Motif Emosional, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.