SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PENDAPATAN BERBASIS ONLINE (STUDI KASUS PT BUKALAPAK.COM)

Hadyan Luthfi Suprapto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami siklus informasi
akuntansi pada siklus pendapatan berbasis online PT Bukalapak.com dan
pengendalian internal yang diterapkan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif, dengan sumber data primer dan sekunder. Data penelitian ini
dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian
dianalisis dengan tenik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Narasumber penelitian ini adalah pihak Bukalapak dan pengguna layanan jualbeli antar konsumen PT Bukalapak.com. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
siklus pendapatan online C2C yang diterapkan oleh PT Bukalapak adalah berupa
siklus pendapatan bunga, unique code, premium account, pembeli prioritas, push,
push promote dan BukaIklan. Perusahaan telah menerepkan pengendalian internal
dengan memberikan persyaratan untuk Pelapak serta menerapkan sistem emblem,
sistem pendeteksi penipu, dan layanan pengembalian barang.
Kata kunci: siklus pendapatan, sistem informasi akuntansi, jual-beli antar
konsumen, consumer-to-consumer, PT Bukalapak.com

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.