ANALISIS PERAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BISNIS PADA WIRAUSAHA BERSKALA MIKRO DI KOTA MALANG

Ahmad Miftah Ghufran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran e-commerce dalam
meningkatkan perkembangan bisnis di Kota Malang. Metode dalam penelitian ini
menggunakan metode analisis kualitatif dengan model studi kasus. Penelitian ini
menggunakan enam wirausahawan berskala mikro yang menggunakan ecommerce dalam menjalankan usahanya sebagai obyek penelitian. Proses analisis
dilakukan dengan didasarkan pada peran e-commerce di dalam usaha bisnis para
wirausahawan berskala mikro. Gambaran ini diperoleh melalui wawancara
langsung terhadap objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa secara garis besar e-commerce memiliki peran yang dapat
membantu para wirausaha berskala mikro meningkatkan perkembangan bisnisnya.
Peran tersebut antara lain kemudahan komunikasi, kemudahan pemasaran, modal
minim, dan efisiensi waktu. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa para
responden tetap menggunakan e-commerce atas peran yang dimiliki tersebut. Bagi
wirausaha berskala mikro disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan
usaha bisnis dengan menggunakan e-commerce karena ada kekurangan dalam
sistem keamanan dan sebaiknya menggunakan jaringan internet yang stabil dalam
melakukan kegiatan usaha melalui e-commerce.
Kata Kunci: Peran Ecommerce, Wirausaha Berskala Mikro, Kota Malang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.