Identifikasi Motif Pedagang Dalam Melakukan Pembiayaan Pada Rentenir (Studi Pada Pasar Baru Lumajang)

Arif Syamil Ramadhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motif pedagang dalam melakukan pembiayaan pada
rentenir yang ada di lingkup pasar tradisional Baru Lumajang. Penelitian ini menggunakan sumber
data primer dan sekunder yang diambil dari pedagang pasar setempat dan pelaku jasa rentenir.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dan
analisis data yang digunakan adalah melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Data yang
didapat divalidkan menggunakan validasi dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan masing-masing identifikasi dari macam-macam motif pedagang
dalam melakukan pembiayaan pada rentenir dengan pendekatan modal sosial. Dimana administrasi
yang fleksibel, tidak adanya anggunan, pencairan dana yang cepat, kepercayaan dan jaringan
mempengaruhi pedagang dalam melakukan pembiayaan pada rentenir.


Kata kunci: Motif Pedagang, Pembiayaan, Rentenir


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.