PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA MUSLIM MELALUI APLIKASI GO-FOOD : PENILAIAN HALAL SERTA FAKTOR EKONOMI & NON EKONOMI YANG MEMPENGARUHINYA (Studi pada Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Thea Adelina Rahmadani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mahasiswa muslim Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya menilai kehalalan produk makanan yang ada di
aplikasi GO-FOOD dan mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam membeli makanan melalui
aplikasi GO-FOOD. Untuk itu digunakan analisis Factor Exploratory (FE) berganda pada data
yang dikumpulkan dengan penyebaran kuisioner pada mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Brawijaya dengan non probability accidental sampling. Hasilnya menunjukkan
bahwa 61,3% responden memilih cara menilai kehalalan produk makanan yang tersedia di
aplikasi GO-FOOD dengan cara keberadaan logo halal pada penjual makanan. 53,33% menilai
kehalalan produk makanan dari makanan yang dipesan tidak mengandung bahan –bahan yang
diharamkan.. 44% responden menilai dari menu makanan yang diharamkan tidak dijual di tempat
itu. 37,33% menilai dari merk yang tidak mengarah pada sesuatu yang diharamkan. Dan 12%
responden menilai dari teman/kelarga yang memiliki tingkat religiusitas yang cukup tinggi.
Sedangkan 9,33% responden menilai dari produsen makanan yang dipesan melalui aplikasi GOFOOD. Sedangkan untuk faktor yang mempengaruhi mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Brawijaya dalam membeli makanan melalui aplikasi GO-FOOD terdapat
faktor ekonomi (system pembayaran yang murah, faktor promosi, faktor harga, dan faktor
produksi) dan faktor non ekonomi (faktor gaya hidup, faktor kemudahan pengguna, faktor halal
dan baik, actor social, dan faktor kondisi sekitar)
Kata kunci: Konsumsi, Aplikasi Online, GO-FOOD, konsumsi muslim.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.