PENGARUH DIMENSI SERVICESCAPE TERHADAP PLEASURE FEELING PADA HOTEL MERDEKA KEDIRI
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki destinasi yang
tergolong banyak. Selain dari wisatawan lokal, terdapat pula wisatawan
mancanegara yang sering melakukan kunjungan ke berbagai kota di Indonesia dan
tentunya membutuhkan tepat peristirahatan. Bagi perusahaan yang bergerak pada
industri perhotelan tersebut tentunya akan selalu meningkatkan kepuasan
pelanggan dan menjaga kinerja perusahaan. Hotel Merdeka Kediri adalah salah
satu hotel bintang tiga yang terletak di pusat Kota Kediri. selain menjadi tempat
penginapan, hotel ini menjadi salah satu warisan budaya yang ada di Kota Kediri.
Salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh Hotel Merdeka Kediri dengan
menggunakan peranan dari dimensi servicescape yaitu ambient condition, layout,
seating comfort, facility aesthetic, dan electric equipment. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh dimensi serviescape diantaranya adalah ambient
condition, layout, seating comfort, facility aesthetic, dan electric equipment
terhadap pleasure feeling yang mana studi penelitian ini dilakukan pada Hotel
Merdeka Kediri. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang
menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian
hipotesis. Sampel penelitian ini adalah 150 responden yang merupakan jumlah
konsumen Hotel Merdeka Kediri dengan menggunakan teknik probability
sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa
uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis
dilakukan menggunakan uji t. Sedangkan teknik analisis data menggunakan
regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ambient
condition, layout, facility aesthetic, seating comfort, dan electric equipment
memiliki pengaruh signifikan terhadap pleasure feeling pada Hotel Merdeka
Kediri.
Kata Kunci : Servicescape, Ambient Condition, Layout, Seating Comfort,
Facility Aesthetic, Electric Equipment, Pleasure Feeling
tergolong banyak. Selain dari wisatawan lokal, terdapat pula wisatawan
mancanegara yang sering melakukan kunjungan ke berbagai kota di Indonesia dan
tentunya membutuhkan tepat peristirahatan. Bagi perusahaan yang bergerak pada
industri perhotelan tersebut tentunya akan selalu meningkatkan kepuasan
pelanggan dan menjaga kinerja perusahaan. Hotel Merdeka Kediri adalah salah
satu hotel bintang tiga yang terletak di pusat Kota Kediri. selain menjadi tempat
penginapan, hotel ini menjadi salah satu warisan budaya yang ada di Kota Kediri.
Salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh Hotel Merdeka Kediri dengan
menggunakan peranan dari dimensi servicescape yaitu ambient condition, layout,
seating comfort, facility aesthetic, dan electric equipment. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh dimensi serviescape diantaranya adalah ambient
condition, layout, seating comfort, facility aesthetic, dan electric equipment
terhadap pleasure feeling yang mana studi penelitian ini dilakukan pada Hotel
Merdeka Kediri. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang
menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian
hipotesis. Sampel penelitian ini adalah 150 responden yang merupakan jumlah
konsumen Hotel Merdeka Kediri dengan menggunakan teknik probability
sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa
uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis
dilakukan menggunakan uji t. Sedangkan teknik analisis data menggunakan
regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ambient
condition, layout, facility aesthetic, seating comfort, dan electric equipment
memiliki pengaruh signifikan terhadap pleasure feeling pada Hotel Merdeka
Kediri.
Kata Kunci : Servicescape, Ambient Condition, Layout, Seating Comfort,
Facility Aesthetic, Electric Equipment, Pleasure Feeling
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.