ANALISIS RENCANA BISNIS PADA USAHA CAFÉ (Studi pada Warkop Brewok di Jl. Kedawung, Malang)

Ananda Barezilla Arief

Abstract


Perkembangan bisnis di era modern terjadi di semua kategori bidang usaha.
Termasuk pada bidang kuliner, yang berskala besar seperti seperti restoran-restoran kelas atas
hingga yang berskala kecil seperti warung-warung dan café. Menangkap peluang dan
pergeseran gaya hidup masyarakat yang menjadikan kegiatan tersebut sebagai bagian dari
kebutuhan hidup, membuat para pelaku bisnis food services melirik usaha coffee shop.
Dimana kehadiran coffee shop dinilai yang paling sesuai dengan gaya hidup masyarakat
perkotaan saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan model bisnis pada Warkop
Brewok melalui pendekatan Business Model Canvas. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi pada lokasi penelitian
yaitu Warkop Brewok.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model bisnis
Warkop Brewok yang dianalisis menggunakan Business Model Canvas lalu dianalisis
menggunakan Analisis SWOT sehingga menghasilkan Future Business Model Canvas yang
digunakan sebagai alternatif untuk menyusun Business Plan sebagai alternatif pengembangan
bagi Warkop Brewok.
Kata Kunci: Business Model Canvas, Analisis SWOT, Business Plan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.