PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA/I PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA MALANG)

Hanna Naufia Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran
Terhadap Keputusan Pembelian menggunakan Aplikasi Shopee. Jenis penelitian ini adalah
explanatory research yaitu menjelaskan hubungan dan pengaruh antar variabel satu dengan
variabel lainnya melalui pengujian hipotesis. Pada penelitian ini, digunakan sampel
sebanyak 180 responden. Responden tersebut merupakan konsumen yang pernah
melakukan pembelian menggunakan Aplikasi Shopee. Teknik sampling yang digunakan
pada penelitian ini adalah non-probability sampling. Uji hipotesis pada penelitian ini
melalui analisis nilai t-statistic. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS (The Statistic
Package For Social Sciences) dan dibantu dengan software SPSS 21. Hasil analisis yang
diperoleh dalam penelitian ini adalah lima variabel Bauran Komunikasi Pemasaran yang
memiliki pengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian yaitu Advertising, Sales
Promotion, Event & Experience, Mobile Marketing¸ Direct & Database Marketing dan Personal Selling. Pada kedelapan variabel memiliki pengaruh secara simultan terhadap
Keputusan Pembelian menggunakan Aplikasi Shopee.
Kata Kunci : Bauran Komunikasi Pemasaran, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.