MANFAAT PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA BAGI PETANI HOLTIKULTURA DI DESA BULUKERTO, KECAMATAN BUMIAJI, KOTA BATU

Pungky Syah Banar

Abstract


Sektor pertanian memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat
Indonesia bahkan dunia. Namun, hingga saat ini masih banyak ditemui petani di
Indonesia yang hidupnya dibawah standard layak atau masih miskin. Hal ini
disebabkan salah satunya oleh rendahnya harga jual produk pertanian karena
panjangnya rantai pemasaran. Keadaan ini disikapi oleh petani di Desa Bulukerto
Kecamatan Bumiaji Kota Batu dengan memanfaatkan media sosial sebagai
sarana memasarkan produk pertanian dengan menggunakan media sosial.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat penggunaan media sosial
bagi petani di Desa Bulukerto. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan
adalah data primer dan sekunder. Data dianalisis dengan melakukan uji validitas
dan reliabilitas secara kualitatif menggunakan triangulasi data. Landasan teori
yang digunakan pemasaran sosial media, saluran pemasaran, e-commerce.
Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa sosial
media bermanfaat bagi petani di Desa Bulukerto. Beberapa manfaat antara lain
yaitu, dengan menggunakan media sosial ini petani di Desa Bulukerto dapat
memotong rantai pemasaran yang ada. Petani di Desa Bulukerto tidak lagi
menjual produknya melalui tengkulak namun bisa langsung kepada konsumen
akhir. Selain itu, dengan sosial media ini harga yang didapat petani juga lebih
tinggi yang awalnya hanya Rp. 5.000, kini menjadi Rp. 20.000.
Kata Kunci: Manfaat, Petani, Media Sosial, Rantai Pemasaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.