Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Promotion, dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Super Indo Kota Malang)

Moch Nurhuda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping motivation,
promotion dan visual merchandising terhadap impulse buying pada konsumen Super Indo Kota
Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal
antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis dengan metode analisis kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 160 responden yang diambil dari populasi
konsumen Super Indo Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Karakteristik sampel yang dipilih yaitu, minimal berusia 17 tahun, merupakan
konsumen, dan pernah melakukan pembelian secara impulsif di Super Indo Kota Malang. Alat
uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa analisis regresi linier
berganda yang ditunjang dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik. Uji hipotesis
dilakukan menggunakan uji t dengan menggunakan program SPSS 21.0. Dari hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa variabel hedonic shopping motivation dan promotion mempunyai
pengaruh secara signifikan terhadap impulse buying konsumen Super Indo Kota Malang.
Sedangkan pada variabel visual merchandising tidak berpengaruh secara signifikan terhadap
impulse buying konsumen Super Indo Kota Malang.
Kata kunci: Hedonic Shopping Motivation, Promotion, Visual Merchandising, Impulse Buying.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.