PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH ( STUDI PADA BANK JATIM KANTOR KAS UMM )

Yuniar Lismayaditami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan,
komitmen, dan komunikasi terhadap loyalitas nasabah di Bank Jatim Kantor Kas UMM. Jenis
penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara
variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Responden dari penelitian ini
adalah 120 nasabah Bank Jatim Kantor Kas UMM yang menggunakan lebih dari satu macam
produk atau jasa dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Metode
pengolahan data yang digunakan adalah model regresi linier berganda, uji F dan uji t-values
dengan program SPSS for Windows 21.00. Hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis
dapat disimpulkan bahwa relationship marketing dengan ketiga variabel independen yakni
Kepercayaan, Komitmen, dan Komunikasi memiliki dampak signifikan terhadap loyalitas
nasabah di Bank Jatim Kantor Kas UMM. Berdasarkan hasil koefisien determinasi besarnya
variasi variabel kepercayaan, komitmen, dan komunikasi secara bersama-sama mampu
menjelaskan variasi variabel loyalitas pelanggan sebesar 69%, sedangkan 31% dijelaskan
variabel-variabel atau faktor lain di luar model yang tidak tercermati.
Kata kunci: Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Loyalitas Nasabah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.