Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Attitudinal Loyalty Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi Pengunjung Wisata Pantai Selatan Kabupaten Malang

Dunga Dwi Barinta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Eksperiential
Marketing terhadap Customer Attitudonal Loyalty pada pengunjung wisata Pantai
Selatan Kabupaten Malang yang dimediasi oleh Customer Satisfaction baik secara
langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research
yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabelnya melalui pengujian
hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 97 responden yang pernah
mengunjungi Pantai Selatan Kabupaten Malang paling sedikit satu kali selama
setahun terakhir. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan
dibantu oleh software SmartPLS 3.2.7 untuk memudahkan penelitian. Dari hasil
pengujian terhadap keempat hipotesis, dapat disimpulkan bahwa variabel
Eksperiential Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer
Attitudinal Loyalty pada pengunjung wisata pantai selatan Kabupaten Malang.
Eksperiential Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer
Satisfaction pada pengunjung wisata pantai selatan Kabupaten Malang. Variabel
customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer
Attitudinal Loyalty pada pengunjung wisata pantai selatan Kabupaten Malang
Wardah Cosmetics. Variabel Experiential Marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Customer Attitudinal Loyalty pada pengunjung wisata pantai
selatan Kabupaten Malang yang dimediasi oleh customer satisfaction, customer
satisfaction memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap customer attitudinal
loyalty dibandingkan experiential marketing.
Kata Kunci :experiential marketing, customer attitudinal loyalty , customer
satisfaction


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.