PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI CUSTOMER ENGAGEMENT PADA WARDAH COSMETICS (Studi Pada Pengikut Akun instagram @wardahbeauty)

Arinal Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing
terhadap brand loyalty pada Wardah Cosmetics yang dimediasi oleh customer engagement
di akun Instagram @wardahbeauty. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang
menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabelnya melalui pengujian hipotesis.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 130 responden pengguna Instagram yang
mengikuti akun @wardahbeauty. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS)
dan dibantu oleh software SmartPLS 3.2.7 untuk memudahkan penelitian. Dari hasil
pengujian terhadap keempat hipotesis, dapat disimpulkan bahwa variabel social media
marketing dan customer engagement masing-masing berpengaruh positif dan signifikan
terhadap brand loyalty Wardah Cosmetics. Variabel social media marketing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap customer engagement akun Instagram @wardahbeauty.
Variabel social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty
pada Wardah Cosmetics yang dimediasi oleh customer engagement akun Instagram
@wardahbeauty, dimana customer engagement memiliki pengaruh yang lebih besar
terhadap brand loyalty dibandingkan social media marketing.

Kata Kunci : social media marketing, customer engagement, brand loyalty


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.