PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PENGUNJUNG WISATA TAMAN RIA SUROPATI KABUPATEN PASURUAN)

YOVITA CAROLINE SOEBAGIO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung, serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan pengunjung sebagai variabel mediasi antara experiential marketing dan loyalitas pengunjung pada Wisata Taman Ria Suropati. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabelvariabelnya melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 responden, 80 responden tersebut ialah individu yang berusia diatas 17 tahun dan pernah mengunjungi Wisata Taman Ria Suropati dengan teknik sampel menggunakan non-probability sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan melihat nilai probabilitas dan t-statistik. Analisis data menggunakan Partial Least Squares(PLS) dan dibantu dengan software SmartPLS 3.0 untuk memudahkan penelitian. Dari hasil pengujian terhadap yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel experiential marketing yang terdiri dari dimensi feel (perasaan), sense (indera), think (pikiran), act (tindakan) dan relate (hubungan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung, serta adanya pengaruh yang signifikan pada kepuasan pengunjung sebagai variabel mediasi antara experiential marketing dan loyalitas pengunjung. KATA KUNCI: Experiential Marketing, Kepuasan Pengunjung, Loyalitas Pengunjung

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.