Implementasi Corporate Social Responsibility dalam Mengatasi Eksternalitas PT. Semen Indonesia (persero) Tbk

Muhammad Zamroni Mahfudh, Asfi Manzilati

Abstract


Pembangunan ekonomi di suatu Negara dalam periode jangka panjang akan membawa perubahan mendasar dalam struktur ekonomi negara tersebut, yaitu dari ekonomi tradisional yang dititikberatkan pada sektor pertanian ke ekonomi modern yang didominasi oleh sektor industri. Mengingat perusahaan tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat dengan menimbulkan eksternalitas atas kegiatan produksinya, maka perusahaan juga perlu menyadari bahwa perusahaan terdiri dari para individu yang terlibat di dalamnya, yakni pemilik dan karyawanya. Sehingga perusahaan seharusnya lebih peka dan tidak hanya memikirkan keuntungan finansial saja, melainkanharus memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap publik, khususnya masyarakat beserta lingkungandi sekitar perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk eksternalitas yang terjadi pada PT. SemenIndonesia (persero) Tbk. dan implementasi Corporate Social Responsibility dalam mengatasieksternalitas tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenomlogi, dimanamembantu peneliti memasuki sudut pandang orang lain, dan berupaya memahami mengapa merekademikian. Data yang diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari reading, coding, reducing, displaying danintepreting.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam prosesnya PT. Semen Indonesia (persero)Tbk. selain menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat, industri juga membawadampak yaitu merusak lingkungan hidup, seperti mencemari udara, tanah dan air. Selain itu, industrijuga berpengaruh dalam mengubah tatanan serta pola kehidupan masyarakat dan keluarga.Mencermati sisi negatif industrialisasi tersebut, tidak adil manakala masyarakat harus menanggungbeban sosial. Harapanya PT. Semen Indonesia harus berkomitmen untuk turut mensejahterakankehidupan masyarakat sekitar sekaligus memelihara lingkungan sebagaimana tertuang dalam misiPerusahan “Mengembangkan komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan pemangku kepentingan(stakeholder)” melalui pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat. Karena masyarakat sekitarmerupakan bagian dari perusahaan, sehingga menjadi kewajiban Perseroan untuk terus berkembangbersama masyarakat sekitarnya.

Kata kunci : PT. Semen Indonesia (persero) Tbk., Eksternalitas, Corporate Social Responsibility


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.