DESKRIPSI SUMBER KETIDAKPUASAN PENGUNJUNG MELALUI ANALISIS KONTEN PADA DESTINASI WISATA JAWA TIMUR PARK 2

Istifardilla Hadistya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa yang menjadi alasan ketidakpuasan pengunjung pada destinasi wisata Jawa Timur Park 2. Jenis penelitian ini adalah  kualitatif  deskripstif,  dengan  menggunakan  analisis  konten  sebagai  metode analisis. Dipilihnya jenis penelitian ini dikarenakan peneliti ingin mengkaji lebih mendalam alasan ketidakpuasan pengunjung pada destinasi wisata Jawa Timur Park 2. Penelitian ini menggunakan ulasan negatif sebagai data penelitian. Data penelitian didapatkan dari   media sosial yaitu Instagram (official account Jawa Timur Park 2), Google  Review,  dan  TripAdvisor.  Teknik  pengumpulan  data  yang  dipakai  dalam penelitian ini adalah observasi langsung melalui komentar pengunjung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: mempersiapkan dan membaca data, melakukan coding, mendeskripsikan coding, menarasikan tema dan memaknai data. Hasil analisis menunjukkan bahwa alasan ketidakpuasan konsumen pada destinasi wisata Jawa Timur Park 2 dilandasi pada komponen 4A (attraction, amenities, ancillary service, dan accesability).

 

Kata kunci: ketidakpuasan, komponen 4A, Jawa Timur Park 2.

 

Abstract : This study aims to describe what is the reason for visitor dissatisfaction with Jawa Timur Park 2 tourist destinations. This type of research is descriptive qualitative, using content analysis as an analytical method. This type of research was chosen because the researchers wanted to examine more deeply the reasons for dissatisfaction of visitors to Jawa Timur Park 2 tourist destinations. This study used negative reviews as research data. Research data obtained from social media, namely Instagram (official account Jawa Timur Park 2), Google Review, and TripAdvisor. The data collection technique used in this study is direct observation through visitor comments and documentation. The data analysis technique used in this study is adapted which includes: preparing and reading data, coding, describing coding, narrating themes and interpreting data. The results of the analysis show that the reasons for consumer dissatisfaction with Jawa Timur Park 2 tourist  destinations  are  based  on  the  4A  component  (attraction,  amenities,  ancillary service, and accessibility).

 

Keywords: dissatisfaction, component 4A, Jawa Timur Park 2

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.