Peran Dimensi Religiusitas dan Dimensi Ekonomi Terhadap Pembelian Rumah dengan Sistem Syariah (Studi pada 2 Perumahan Syariah di Bogor)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran dimensi religiusitas dan dimensi ekonomi terhadap pembelian rumah dengan sistem syariah pada 2 perumahan syariah di Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan metode pengumpulan data melalui sumber data primer. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dimensi religiusitas berperan bagi seorang konsumen untuk keputusan membeli rumah dengan sistem KPR Syariah. Peran dimensi religiusitas seorang konsumen pada pembelian rumah hanya ada tiga aspek yang secara rinci mendasarinya yaitu dimensi keyakinan, dimensi pengetahuan, dan dimensi pengalaman keagamaan. Sedangkan, peran dimensi ekonomi yang mempengaruhi keputusan pembelian rumah seorang konsumen ialah lokasi, harga, lingkungan perumahan, fasilitas, kondisi rumah, dan beberapa keunggulan sistem KPR Syariah dibandingkan dengan KPR konvensional. Kata Kunci: KPR Syariah, Religiusitas, Ekonomi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.