PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

NAILAH ZULFIA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan Good Corporate Governance (GCG) sebagai variabel moderasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016 sampai 2017 dengan total observasi sebesar 32. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah purposive sampling. Peneliti menggunakan teknik moderating regression analysis untuk menguji data penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara simultan CSR, profitabilitas dan GCG berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, tetapi profitabilitas berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Hasil selanjutnya yaitu bahwa GCG sebagai variabel moderasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada hubungan CSR terhadap nilai perusahaan, tetapi memiliki pengaruh yang positif pada hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.