ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSITAS PERILAKU WAJIB PAJAK DALAM MENYAMPAIKAN SPT DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM E-FILING (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Universitas Brawijaya Malang)

Michelle Marcia Abigail Rouli Simamora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, dan persepsi keamanan terhadap intensitas perilaku Wajib Pajak dalam menyampaikan SPT dengan menggunakan sistem e-efiling. Objek penelitian ini adalah Kantor Rektorat Universitas Brawijaya di Kota Malang. Sebanyak 155 data berhasil dikumpulkan dengan  menggunakan  metode  survei  dengan  teknik  convenience  sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas perilaku Wajib Pajak dalam menyampaikan SPT dengan menggunakan sistem e-filing dipengaruhi secara positif oleh ekspektasi kinerja, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfasilitasi. Sebaliknya, ekspektasi usaha dan persepsi keamanan tidak mempengaruhi intensitas perilaku Wajib Pajak dalam menyampaikan SPT dengan menggunakan e-filing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfasilitasi e-filing maka akan semakin tinggi pengaruhnya terhadap intensitas  perilaku  Wajib  Pajak  menyampaikan  SPT  dengan  menggunakan  e- filing.

Kata kunci: Wajib Pajak, E-filing, Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi yang Memfasilitasi, dan Persepsi Keamanan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.