Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Kober Mie Setan Cabang Bromo Malang );

Bella Kartikasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh aspek-aspek experiental marketingdapat mempengaruhi kepuasan konsumen sehingga mendorong konsumen untuk melakukan pembelian ulang. Jenis penelitian ini adalah explanatory,  bermaksud untuk menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain.

Penelitian inimenggunakan sampel sebanyak 160 responden yang diambil dari populasi konsumen Kober Mie Setan cabang Bromo Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, karakteristik sampel yang dipilih yaitu usia lebih dari 17 tahun, minimal pernah 1 kali melakukan pembelian di Kober Mie Setan cabang Bromo Malang. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis path.

Dari hasil pengujian disimpulkan bahwa customer satisfaction merupakan penghubung antara experiental marketing dan repurchase intention. Konsumen yang merasakan pengalaman dari aspek-aspek experiental marketing akan terdorong untuk melakukan pembelian ulang baik konsumen merasakan kepuasan, kurang puas ataupun tiak puas.

 

Kata Kunci : Experiential Marketing, Customer Satisfaction, Repurchase Intention


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.