PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, STRUCTURAL ASSURANCE, DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP INTENTION TO REUSE DIMEDIASI OLEH TRUST (Studi pada Pengguna Aplikasi OVO di Kediri Town Square)

ANASSRULLOH RIZKY SAQIB

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, structural assurance, dan social influence terhadap intention to reuse aplikasi OVO, pengaruh yang ingin diketahui adalah pengaruh langsung maupun tidak langsung melalui variabel mediasi yaitu trust. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi OVO di Kediri Town Square, Kota Kediri. Sampel yang digunakan sejumlah 210 sampel yang diperoleh melalui teknik purposive sampling dengan karakteristik responden yang memiliki aplikasi OVO pada smartphone dan secara aktif menggunakannya dalam bertransaksi keuangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert yang selanjutnya data diuji menggunakan Partial Least Square (PLS) melalui aplikasi SmartPLS3.0. Dari hasil pengujian data diketahui bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, dan structural assurance memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap Trust yang selanjutnya Trust memiliki pengaruh terhadap intention to reuse aplikasi OVO, sedangkan social influence hanya memiliki pengaruh terhadap intention to reuse aplikasi OVO dan lemah dalam mempengaruhi trust. Trust terbukti mampu memediasi pengaruh secara tidak langsung perceived usefulness, perceived ease of use, dan structural assurance terhadap Intention to Reuse secara parsial.

Kata kunci : perceived usefulness, perceived ease of use, structural assurance, social influence, trust, intention to reuse


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.