PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT. PLN (PERSERO) (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA MALANG YANG MENGGUNAKAN BANK SAMPAH MALANG)

BAYU BUDIARIANTO

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR) mengalami perkembangan menjadi keunggulan bersaing suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh community support dan environment terhadap citra perusahaan PT. PLN (Persero). Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan antara variabel penelitian melalui uji hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Malang yang pernah menggunakan Bank Sampah Malang minimal satu kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 150 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS versi 24. Pada penelitian ini, hipotesis diuji dengan menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel community support dengan indikator dukungan terhadap program masyarakat berpengaruh signifikan dalam meningkatkan citra perusahaan PT. PLN (Persero). Selain itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel environment dengan peningkatan kualitas lingkungan hidup sebagai indikator berpengaruh signifikan dalam meningkatkan citra perusahaan PT. PLN (Persero).

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Community Support, Environment, Citra Perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.