Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Karyawan melalui Konflik Kerja pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Malang

Muhammad Farizi Almubarok

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikqwi interpersonal terhadap konflik kerja, pengaruh konflik kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan, dan  pengaruh  komunikasi  interpersonal  terhadap  kinerja  karyawan  melalui variabel tambahan yakni konflik kerja pada karyawan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Malang.

 

Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  yang  termasuk  ke dalam jenis explanatory research. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal sebagai variabel eksogen, kinerja karyawan sebagai variabel endogen, dan variabel tambahan konflik kerja sebagai variabel mediasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang sebanyak 134 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan prasyarat uji asumsi klasik seperti normalitas, multikolinearitas,   dan   heteroskedastisitas   dengan   menggunakan   alat   bantu software SPSS ver. 24.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konflik kerja, konflik kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan komunikasi interpersonal berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja karyawan melalui konflik kerja.

 

Kata kunci: komunikasi interpersonal, konflik kerja, kinerja karyawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.