Pengaruh Celebrity Endorser Suhay Salim Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Calon Konsumen Produk Kecantikan Merek Safi di Kota Malang)

Nuriyanna SE

Abstract


Peningkatan penjualan produk industri kecantikan di Indonesia berbanding
lurus dengan peningkatan konsumsi produk kecantikan. Hal ini memicu tingginya
kompetisi perusahaan kecantikan untuk mengenalkan dan memasarkan produknya
untuk meningkatkan brand awareness. Dalam strategi pemasaran, pemilihan celebrity
endorser yang tepat diharapkan dapat meningkatkan purchase intention. Tujuan
Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan keterkaitan hubungan antara
celebrity endorser Suhay Salim terhadap purchase intention produk kecantikan Safi di
Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan explanatory research. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah sejumlah 170 responden. Penentuan sampel dilakukan
dengan menggunakan metode non-probability samping dan teknik purposive sampling.
Analisa data dilakukan dengan menggunakan SPSS ver 20.0 melalui melalui tahapan
analisis regresi linear berganda, dengan uji hipotesis menggunakan (uji-t).
Hasil penelitian menunjukkan trustworthy, expertise, physical attractiveness,
respect dan similiarity berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Expertise
memeliki pengaruh yang paling tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa Suhay Salim
sebagai celebrity endorser memiliki keahlian yang sangat tinggi dalam
mengkomunikasikan prroduk kecantikan merek Safi di media sosialnya.

Kata Kunci : celebrity endorser, purchase intention, pemasaran internet, komunikasi
pemasaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.