Determinant Factors of Bond Ratings (Study on Property and Building Construction Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange in 2013-2017)

Zaneta Azzahra Izdihar

Abstract


Abstrak: Peringkat obligasi dapat memberikan sinyal tentang probabilitas kegagalan perusahaan dalam membayar hutangnya. Namun, peringkat yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkat tidak konsisten karena adanya informasi bias. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah ada pengaruh dari profitabilitas, leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap peringkat obligasi perusahaan dengan menggunakan analisis regresi logistik. Metode pengambilan sampel menggunakan census with criteria. Objek penelitian terdiri dari 9 perusahaan konstruksi properti dan bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, memiliki hutang obligasi dari tahun 2013-2017, dan tergolong dalam kategori investment grade.

            Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi perusahaan. Sedangkan likuiditas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peringkat obligasi perusahaan. Namun hasil yang tidak konsisten ditunjukan pada leverage. Dimana leverage yang di ukur dengan ICR (interest coverage ratio) menunjukan memiliki hubungan dengan peringkat obligasi perusahaan, sedangkan leverage yang di ukur dengan DER (debt to equity ratio) tidak memiliki pengaruh terhadap peringkat obligasi perusahaan. Berdasarkan keempat variabel independent tersebut, profitabilitas merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi peringkat obligasi perusahaan.

 

Kata Kunci: peringkat obligasi, regresi logistik, profitabilitas, leverage, likuiditas, ukuran perusahaan

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.