ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI DARING (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Fikrian Naufal Hardiatmojo

Abstract


Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi setiap saat, perkembangan dunia bisnis melalui media internet pun ikut berkembang. Salah satu contoh perkembangannya merupakan inovasi dalam dunia perdagangan. Konsumen mulai beralih dalam melakukan aktivitas jual-beli secara daring. Berbelanja secara daring dinilai lebih efisien dan praktis dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam berbelanja daring. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi logistik yang meliputi uji serentak, uji parsial, odd ratio, dan marginal effect dengan hasil akhir penelitian yang menunjukkan terdapat hubungan antara pendapatan, usia, gender, persepsi harga, dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian daring. Menurut interpretasi koefisien dengan menggunakan odd ratio menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh dan berperan besar terhadap keputusan pembelian daring adalah persepsi harga konsumen. Kata kunci: E-commerce, Online shopping, Keputusan Pembelian, Regresi Logistik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.