PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)

Maulidina Anggita Putri

Abstract


Maksimalisasi nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan utama yang ingin dicapai oleh perusahaan. Nilai perusahaan yang maksimal dapat memberikan kesejahteraan bagi para pemegang saham. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 perusahaan property dan real estate. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling dengan beberapa kriteria sehingga menghasilkan sampel penelitian sebanyak 28 perusahaan sektor property dan real estate. Profitabilitas diukur dengan menggunakan Return On Investment. Leverage diukur dengan menggunakan Debt Ratio. Ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan logaritma natural dari total aset. Dalam melakukan pengukuran nilai perusahaan, alat ukur yang digunakan adalah rasio Tobin’s Q. Dengan menggunakan analisis regresi berganda, penelitian menemukan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: nilai perusahaan, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.