PENGARUH PERILAKU BERORIENTASI PADA PEMASARAN KEWIRAUSAHAANTERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA SENTRA KERIPIK TEMPE SANAN, DAERAH KELURAHANPURWANTORO, KECAMATAN BLIMBING, KOTA MALANG)

Yogi S Saras

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku berorientasi pada pemasaran
kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada sentra keripik tempe sanan, daerah KelurahanPurwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang. Penelitian ini adalah explanatory research, yaitumenjelaskan hubungan sebab akibat antar variabel melalui pengujian hipotesis. Responden penelitianini adalah sebanya50 pelaku UMKM pengrajin keripik tempe di Sanan, Kota Malang. Penelitian iniditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan kuesioner yang diukur dengan skala Linkert. Uji instrumen dalam penelitian inimenggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalahmenggunakan t-test.Analisis data menggunakanStatistical Package for the Social Sciences(SPSS).Hasil penelitian menunjukkan bahwaperilaku berorientasi pada pemasaran kewirausahaan memilikipengaruh terhadap kinerja pemasaran. Inovasi, orientasi pasar, orientasi pelanggan, orientasikewirausahaan mempunyai pengaruh terhadap kinerja pemasaran. Pengaruh terbesar ditunjukkan olehorientasi pasar terhadap kinerja pemasaran.
Kata Kunci : Inovasi, orientasi pasar, orientasi pelanggan, orientasi kewirausahaan, pemasarankewirausahaan, kinerja pemasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.