PENGARUH JUMLAH SAHAM YANG BEREDAR,LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, PROFITABILITAS DAN PENILAIAN PASAR TERHADAP HARGA SAHAM(Studipada PerusahaanSubsektorMakanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek IndonesiaTahun 2012-2017)

ACHMAD ASYRAFANI SE

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabeljumlah saham yang beredar, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas danrasio nilai pasar terhadap harga saham pada perusahaan subsektor makanan dan minumanyang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2017. Rasio likuiditasdiproksikan melalui rasio lancar, rasio solvabilitas diproksikan melalui debt to equityratio(DER), rasio profitabilitas diproksikan melaluireturn on asset(ROA) danreturn onequity(ROE), rasio nilai pasar diproksikan melalui price earning ratio(PER) danpricebook value(PBV).Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berupa laporankeuangan perusahaan yang didapatkan melalui BEI. Teknik analisis data menggunakananalisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yang digunakan pada penelitian iniyakni multikolinearitas, normalitas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkanbahwa variabel jumlah saham yang beredar ROA memiliki pengaruh yang signifikanterhadap harga saham. Sedangkan variabel rasio lancar, DER, ROE,PER dan PBV tidakmemiliki pengaruh terhadap harga saham.
Kata Kunci : JumlahSaham yang Beredar, Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas,Penilaian Pasar, RasioLancar, DER, ROA, ROE, PER, PBV, HargaSaham


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.