PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH CUSTOMER SATISFACTION PADA PENGUNJUNG JAWA TIMUR PARK 3 BATU

LINTANG ALIFIA MARTZA

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan antar bisnis pariwisata yang menuntut pemasar untuk menciptakan sebuah pengalaman yang berbeda dan berkesan bagi pengunjungnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemasaran melalui pengalaman terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel yang melakukan mediasi pada pengunjung Jawa Timur Park 3 Batu. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Sampel yang digunakan sebanyak 240 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan experiential marketing terhadap customer loyalty. Customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Disisi lain, experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Experiential marketing berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction.

Kata kunci: Experiential Marketing, Customer Satisfaction, Customer Loyalty


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.