PENGARUH STORE ATMOSPHERE (GENERAL EXTERIOR, GENERAL INTERIOR, STORE LAYOUT, INTERIOR DISPLAY) TERHADAP PURCHASE DECISION KONSUMEN KEBOEN KOPI KARANGANJAR KABUPATEN BLITAR

DIAJENG RETNO DUWY KARTIKA SARI

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Keboen Kopi Karanganjar berkedudukan di Dsn. Karanganyar Timur, Ds. Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu variabel store atmosphere yang terdiri dari variabel yaitu general exterior (X1), general interior (X2), store layout (X3), dan interior display (X4), serta variabel dependen yaitu purchase decision (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh store atmosphere terhadap puchase decision di Keboen Kopi Karanganjar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian explanatory research untuk menjelaskan hubungan atau variabel yang diteliti. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Keboen Kopi Karanganjar yang berjumlah 100 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang di ukur dengan skala likert. Uji instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan piranti SPSS 20. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh antara variabel general exterior, general interior, store layout, dan interior display terhadap purchase decision konsumen Keboen Kopi Karanganjar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa general exterior, general interior, store layout, dan interior display berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase decision dan dapat diperoleh kesimpulan bahwa general exterior, general interior, store layout, dan interior display berpengaruh terhadap purchase decision sebesar 56,1% dimana sisanya 43,9% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain di luar penelitian.

Kata kunci: Store Atmosphere (General Exterior, General Interior, Store Layout, Interior Display), Purchase Decision kopi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.