MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGIS TAKSI CITRA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN TAKSI ONLINE DI KOTA MALANG

JOSHUA RAYMOND TANA RANTETODING

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis model pengambilan keputusan strategis Taksi Citra dalam menghadapi persaingan dengan Taksi Online di Kota Malang. Penelitian ini termasuk kategori penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak manajemen Taksi Citra dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Dalam penelitian ini, teori pengambilan keputusan dari Mintzberg & Theoret (1976) merupakan teori yang digunakan untuk mengetahui dan menganalisis pengambilan keputusan strategis Taksi Citra dalam menghadapi persaingan dengan taksi online. Hasil penelitian ini yaitu proses pengambilan keputusan Strategis yang dilakukan Taksi Citra dalam menghadapi persaingan dengan taksi online. Kesimpulan dari penelitian ini, model pengambilan keputusan strategis Taksi Citra dimulai dari (1) tahap recognition yaitu menurunnya pendapatan bulanan dari Taksi Citra pada tahun 2016, (2) tahap diagnosa ialah membahas permasalahan secara mendalam, (3) tahap pencari solusi yaitu mencari solusi sesuai dengan permasalahan, (4) tahap design solusi yaitu dari solusi yang sudah dicari kemudian dimodifikasi dan menghasilkan 6 alternatif, (5) tahap screening yaitu manajer melakukan pengajuan hasil rapat terkait 6 alternatif menghadapi taksi online kepada pimpinan dan disetujui oleh pimpinan, (6) tahap evaluasi yaitu membahas alternatif yang sudah berjalan, (7) otorisasi yaitu pimpinan memegang kendali untuk memutuskan dan alternatif pertama yaitu pembuatan aplikasi My Citra diputuskan untuk tidak dilanjutkan.

Kata Kunci: Proses pengambilan keputusan, Implementasi strategi, Keputusan strategis



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.