PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DI MEDIASI OLEH BRAND IMAGE (Studi pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang)

BADRUS SOFI

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada konsumen produk olahraga Specs di Kota
Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dai variabel
independen yaitu celebrity endorsement (X), variabel mediasi brand image (Z)dan variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh celebrity endorsement
terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel mediasi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian causal research untuk
menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Responden
dalam penelitian ini adalah konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang
yang berjumlah 130 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Uji instrumen penelitian
menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan software SPSS ver. 20.
Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk
mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa celebrity endorsement secara langsung berpengaruh positif
dan signifikan terhadap brand image pada konsumen produk olahraga Specs di
Kota Malang. Celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang.
Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang. Namun secara tidak
langsung, brand image tidak dapat memediasi celebrity endorsement terhadap
keputusan pembelian.
Kata kunci: Celebrity Endorsement, Brand Image, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.