PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL DENGAN METODE INDEX TUNGGAL (Studi pada Saham indeks IDX High Dividend 20 di Bursa Efek Indonesia Periode Januari 2016-Februari2018)

FELIX SUTANTO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membentuk portofolio saham sebagai dasar peneta- pan investasi pada saham index idx high dividend 20 yang terdaftar di bursa efek indonesia dengan metode index tunggal periode penelitian Januari 2016 hingga Desember 2018. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh sa- ham yang terdapat di dalam index index idx high dividend 20 dengan metode pengambilan sampel adalah sampel jenuh dengan total sampel 12 saham dengan total observasi 36. Ber- dasarkan hasil analisis diperoleh 7 saham yang termasuk dalam Portofolio yaitu Bank Cen- tral Asia Tbk (BBCA) sebesar 51%, Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) sebesar

10%, Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk(BBRI) sebesar 10.4%, Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) sebesar 10.3%, Gudang Garam Tbk. (GGRM) sebesar 8.3%, United Tractors Tbk (UNTR) sebesar 10%. Berdasarkan pada Portofolio yang terbentuk maka return ek- spetasi yang diperoleh adalah 0.01825  dan risiko yang harus dihadapi dari investasi pada portofolio adalah 0.0036. Nilai return ekspetasi yang lebih besar dibandingkan dengan risiko yang akan dihadapi menunjukan bahwa saham yang membentuk Portofolio layak untuk di investasi.

Kata Kunci: Metode index tunggal, Indeks Idx high dividend 20, Portofolio.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.