ANALISIS REAKSI PASAR MODAL INDONESIA TERHADAP PENGUMUMAN MAKING INDONESIA 4.0 (EVENT STUDY PADA LIMA SUB SEKTOR PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

MARCELLINA NADIA CHRISTY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar modal Indonesia terhadap pengumuman Making Indonesia 4.0. Penelitian ini menggunakan metode event study, dimana dilakukan pengamatan terhadap rata-rata abnormal return dan ratarata trading volume activity dengan periode jendela 21 hari. Populasi dari penelitian ini adalah 61 perusahaan manufaktur yang bergerak di sub sektor makanan dan minuman, tekstil dan garment, otomotif, kimia, dan elektronika yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia hingga tahun 2018. Dengan menggunakan metode purposive sampling diperoleh 45 perusahaan sebagai sampel penelitan. Hasil penelitian menggunakan uji parametrik paired samples test yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan abnormal return dan trading volume activity yang signifikan sebelum dan setelah pengumuman tersebut dengan nilai signifikansi secara berturut-turut sebesar 0,738 dan 0,051 yang lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Tidak adanya perbedaan abnormal return dan trading volume activity yang signifikan sebelum dan setelah pengumuman Making Indonesia 4.0 dapat disebabkan karena, 1) pengumuman Making Indonesia 4.0 tidak memiliki kandungan informasi bagi investor yang dapat mempengaruhi keputusan investasi di pasar modal, 2) investor masih melakukan tindakan wait and see di bursa untuk melihat implementasi jangka panjang dari strategi Making Indonesia 4.0 dalam hal peningkatan kapasitas produksi perusahaan, peningkatan aset ataupun peningkatan laba.

Keywords: Making Indonesia 4.0, Industri 4.0, informasi investasi teknologi, abnormal return, trading volume activity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.